Notifikasi :

Selamat Datang di Blog ASE.

Disini saya menyediakan tugas tugas gunadarma.

// Posted by :aria s // On :Tuesday, October 18, 2016




Inovasi yang lagi trend saat ini ? mungkin kalian tidak asing lagi dengan email, social network. E-commerce,  bigo live,  telegram ?  kalian menggunakan berbagai macam aplikasi tersebut  ? tapi apakah kalian tau mereka 

menggunakan cloud computing ?

Yaa sebagian besar dari Startup besar dunia sudah menggunakan cloud computing, mungkin di indonesia belum terlalu booming #boom seperti yang ada di luar negeri tapi, sebenarnya di indonesia sendiri pun para startup sudah menggunakan cloud computing sebut saja “GOJEK” vs “GRAB” dua startup yang sedang naik daun itu sudah menggunakan cloud computing.
Tapi apa sih sebenernya cloud  computing itu ?
Cloud computing merupakan suatu teknollogi informasi yang berbentuk suatu layanan yang tersedia di internet dan dapat digunakan sercara bersamaan dengan banyak orang.
Cloud computing sendiri memiliki beberapa jenis yaitu :
  1. Software as a Service (SaaS) ( penggunaan Email, Social Network)
kalian semua pasti pernah menggunakan apa yang dinamakan facebook, twitter atau pun sosmed lainnya, tapi apa kah kalian tahu bahwa yang sedang kalian gunakan itu menggunakan cloud computing ?  ya sosmed merupakan cloud computing jenis Software as a service , lalu apa yang dimaksus dengan Saas ini ? jenis ini merupakan suatu layanan yang sudah mengatur segalanya mengenai infrastruktur dan platform yang digunakan untuk menjalankan aplikasi,  jadi seorang user hanya langsung menggunakan layanan ini aja.  Dari berbagai jenis layanan, SaaS ini merupakan yang paling mudah untuk digunakan karna kita tidak perlu repot mengatur lainnya, namun kekurangan dari aplikasi ini kita memiliki batasan dalam penggunaannya.
  1. Platform as a Service (PaaS)(penyedia hosting
Hosting ? mungkin hal ini asing bagi kalian yang tidak pernah mengoprek oprek web #naoneta, hosting merupakan penyedia layanan yang didalamnya kita bisa melakukan install aplikasi kita karna sang penyedia sudah menyiapkan beberapa infrastruktur, tapi kita diberikan kebebasan dalam hal aplikasi dan data yang akan digunakan dalam aplikasi ini, perbedaan antara SaaS dan PaaS ini adalah dalam segi biaya, mungkin untuk SaaS kita bisa menggunakannya secara gratis( walaupun ada yang bayar) namun untuk PaaS ini kita harus Mengeluarkan biaya untuk menggunakan PaaS ini dan  kita harus mengatur beberapa hal sebelum layanan ini dapat digunakan.

  1. Infrastructure as a Service (IaaS)(penyedia cloud server)
Kita sampai di jenis yang terakhir , contoh nya adalah biznetcloud dan telkomcloud, saya pun baru tahu contoh yang satu ini saat membuat artikel ini, mungkin hanya sedikit pencerahan yang bisa saya berikan mengenai IaaS ini.  Oke IaaS ini merupakan penyedia layanan terlengkap dalam cloud computing karna kita diberikan kebebasan dalam segi  hardwarenya juga, kita dapat memilih jenis OS (sistem operasi/ operating system) yang kita inginkan, Networknya , virtualisasi platformnya. Namun kendala dalam Iaas ini adalah harganya yang tidak mudah karna kita dianggapnya menyewa suatu rumah yang segala isinya kita atur sendiri kita yang urus sendiri, maka dari itu harganya tidak murah dibandingkan layanan lainnya.

Cukup untuk perkenalannya, dibawah ini adalah gambar dari  http://technologytrendsindex.kpmg.com/ , suatu web yang melihat trending IT di USA, cloud computing menempati no 1 di website tersebut, ini membuktikan bahwa cloud computing sudah sangat terkenal di USA.




 Untuk selanjutkan saya akan meriview  contoh penggunaan  cloud computing dalam jenis PaaS, Paltform As A Service, karna ini yang mungkin sulit kalian tanggap dengan mudah, contoh yang saya gunakan adalah Pelajarhosting.com, ini merupakan layanan penyedia hosting yang dibuat oleh anak GUNADARMA (weits mangstap ga ? ) oke langsung saja lihat dibawah

Diatas adalah homepage dari pelajarhosting.com,







Gambar diatas merupakan tempat kita untuk mengatur sebagian aplikasi yang akan kita gunakan, contoh jenis aplikasi diatas ada php, perl, cgi tinggal mana yang akan kita gunakan. 
Mungkin sekian review dari saya wkwkw jadi kalo ada yang mau nanya dikomen, kalo ada yang salah posting bisa kirim email ke lolitrack@gmail.com
Yoooh sekian dari saya Mata raishu ~~~

source :
http://www.cloudindonesia.or.id/apa-itu-cloud-computing.html
http://adamfahmil96.blog.uns.ac.id/cloud-computing-era-teknologi-informasi-yang-mendunia/

{ 33 comments... read them below or Comment }

  1. waah mantap gan infonya menarik ane jadi ngerti sebenerenya kalo selama ini ane ga ngerti apa sih yang ga ane ngertiin itu gan, pokoknya maju terus gan (y)

    ReplyDelete
  2. Makasih infonya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Teknologi sekarang makin hebat :)
    Nice Artikel, ditunggu Artikel bagus selanjutnya :)

    ReplyDelete
  4. Sangat bermanfaat infonya. Terimakasih banyak.

    ReplyDelete
  5. Gudjabbbb!! Nice article Ria. You're so awesome. Terus menulis ya, biar bisa jadi inspirasi dan menambah wawasan semua orang ><

    ReplyDelete
  6. Wah, keren2 ya! Terima kasih infonya :)

    ReplyDelete
  7. bagus bagus nambah pengetahuan saya, lanjutkan!

    ReplyDelete
  8. Nice article! Keep writing ar! Jgn lupaa mampir yaa ke blog guee

    ReplyDelete
  9. nah ini baru bagus ada tutorialnya thank you!

    ReplyDelete
  10. mantaap. nambah pengetahuan bgt. thanks for your info :)

    ReplyDelete
  11. lucu warna blognya se oren oren the jack

    ReplyDelete
  12. manfaat bgt nih makasih yaa moga moga berkah aamiin

    ReplyDelete
  13. wahh ilmu baru nih, thanks ase.. keep writing ya!

    ReplyDelete
  14. idih gokil.... ternyata banyak jg inovasi yg belum gue tau. Kacau parah lu,se. Sadis.

    ReplyDelete
  15. mantap infonya, nice and thanks ya~!

    ReplyDelete
  16. Ternyata cloud computing ngga cuma cloud storage ya
    Nais info Aria, terima kasih sudah berbagi ilmu

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete