Notifikasi :

Selamat Datang di Blog ASE.

Disini saya menyediakan tugas tugas gunadarma.

// Posted by :aria s // On :Sunday, October 2, 2016

SISTEM INFORMASI VS TEKOLOGI INFORMASI



Yaaa saat ini saya ingin meriview sedikit apa sih perbedaaan sistem informasi dan teknologi informasi ? banyak yang bingung dimana perbedaannya, kalau dilihat secara sekilas, mereka sama-sama mempelejari tentang komputer lalu dimana beda nya ? dibawah saya akan memaparkan tentang sistem informasi dan teknologi informasi

Sistem informasi ? apa yang dimaksud sistem informasi ?
sistem informasi adalah kombinasi sejumlah komponen yaitu manusia, komputer, teknologi, informasi, prosedur kerja, dan manajamen bisnis) ada sesuatu yang di proses (data menjadi informasi) dan dimaksudkan untuk mencapai suatu sasaran atau tujuan.
Selain itu Sistem Informasi memiliki perngertian menurut para ahlinya, antara lain :

Alter (1992)  : Sistem informasi adalah kombinasi prosedur kerja, informasi, prang dan teknologi informasi yang dioganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi

Bodnar dan hopwood(1993) : sistem informasi adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat 
lunak yang dirancaang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.

Hall (2001) : Sistem infromasi adalah sebuah rangkaian prosedur format di mana data 
dikelompokan, di proses menjadi infromasi dan di distribusikan kepada pemakai.

Sistem informasi juga terdapat pada program studi pada perkuliahan yang memeiliki jurusan sama seperti judulnya, Yaitu Sistem informasi atau disingkat SI, lalu tentang apa sih jurusan Sistem Informasi itu ?

Sederhananya jurusan  Sistem Informasi adalah gabungan dari Ilmu Komputer, Ekonomi Manajemen, dan Bisnis. Fokusnya tetap di bidang software (programming), tapi lebih kearah penerapan ke bisnis perusahaan. Oleh karena itu tidak heran banyak mata kuliah ‘berbau’ ekonomi manajemen di jurusan ini.
untuk penjelasan lebih lengkap kita bisa lihat di website Universitas Indonesia jurusan Sistem Informasi :

“Program Studi Sistem Informasi mengajarkan landasan ilmu pengetahuan dan penerapan Teknologi Informasi dalam suatu organisasi. Terkait hal tersebut Sistem Informasi bersifat khas karena dibangun di atas 3 (tiga) bidang yaitu: komputer, manajemen dan bisnis.
Untuk memberikan kompetensi di bidang komputer, mahasiswa dibekali dengan kemampuan antara lain: pemrograman, jaringan komputer, basis data, pengembangan software, dsb. Kemampuan manajemen diasah melalui kuliah antara lain: prinsip-prinsip manajemen, manajemen sistem informasi, manajemen proyek, dsb.
Sedangkan pengetahuan tentang bisnis dikembangkan melalui mata kuliah mengenai berbagai proses bisnis yang umum dalam organisasi seperti: administrasi bisnis, sistem informasi akuntansi, pengembangan dan pemasaran produk, perilaku organisasi, dsb. ”

Oke untuk sekilas udah ada kan gambaran tentang Sistem informasi ?
Jadi Kesimpulan sekilasnya sistem infromasi itu lebih menitik beratkan pada peng”analisaan” suatu sistem yang berhubungan dengan manajemen bisnis pada suatu perusahaan atau organisasi.

Lalu apa bedanya dengan teknologi informasi ?

Istilah teknologi informasi seringkali rancu dengan istilah sistem informasi itu sendiri dan kadang kala menjadi bahan perderbatan, ada yang menggunakan istilah teknologi informasi untuk menjabarkan sekumpulan sistem informasi, pemakai, dan manajemen ( diulas oleh turban, mclean dan wetherbe, 1999) .

 Namun menurut kamus Oxford (1995) teknologi informaasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk penyimpanan, menganalisis, dan mendistribusikan infromasi apa saja termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.

Menurt Martin (1999) teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer ( perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

Lucas (2000) teknologi informasi adlah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis. Mikrokomputer, komputer mainframe, pembaca barcode, perangkar lunak pemroses transaksi, perangkat lunak lembar kerja dan peralana komunikasi dan jaringan merupakan contoh teknologi informasi.

Jadi secara garis besar teknologi informasi dapat dikelompokan dalam hardware yang menyangkut peralan fisik, dan software yang berkerja sesuai dengan tujuan instruksi-instruksi,
Kalau Sistem Informasi memiliki jurusan yang sama persis namanya, lain dengan teknologi informasi, teknologi informasi mempunyai jurusan pada perkuliahan yang materinya masuk ke dalam teknologi informasi, nama jurusan itu ada Teknik Informatika atau bisa dibilang TI
Dasar ilmu dalam materi Teknik informatika adalah algoritma yang dikembangkan dalam beberapa materi kuliah agar siswa dapat memahami dan menguasai ilmu rekayasa informatika sehingga mampu menganalis, menilai, menerapkan, dan menciptakan sebuah program (software) dalam pengolahan ilmu komputer demi kemajuan dibidang Peralatan Komputer (hardware) untuk kemudahan dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Selain itu lulusan teknik informati sebuah universitas atau perguruan tinggi diharapkan mampu bersaing dalam dunia kerja, memiliki jiwa wirausahawan sehingga dapat menciptakan sebuah laangan pekerjaan yang baru dan memiliki wawasan dibidang teknologi informasi yang mumpuni.

Secara garis besar materi-materi yang diajarkan dalam ilmu 
teknik informatika adalah:
1. Sistem informasi
Merupakan salah satu ilmu teknik informatika yang memelajari dan memberikan pengertian dasar tentang konsep dan kerangka sistem informasi, metodologi dan teknik perancangan, pengembangan, pengetesan, dan pemeliharaan sistem perangkat lunak (software)

2 Arsitektur dan Teknik Jaringan Komputer 
Adalah materi teknik informatika yang memperlajari arsitektur komputer, Organisasi komputer, Sistem Microprosesor, Sistem digital, dan Jaringan komputer.(hardware)

3. Pemrograman dan komputasi
Adalah materi teknik informatika yang mempelajari dan memberikan pengetahuan serta kemampuan dalam menganalisis suatu permasalahan dalam sebuah ruang lingkup komputasi, sistem distribusi, dan teknologi antar jaringan.

4. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
Adalah materi teknik informatika dalam bidang Menganalisis dan Mendesain sebuah objek, penyempurnaan Proses rekayasa perangkat lunak, Inspeksi perangkat lunak, dan Pemrograman berbasis data client server.


Perbedaan Sistem informasi dan teknologi informasi

Kalau dilihat dari pengertian diatas pasti sudah terlihat apa perbedaannya tapi saya disini akan merangkum apa saja perbedaannya
Sistem informasi
Teknologi informasi
Menitik beratkan pada System
Menitik beratkan pada Hardware dan software
Mempunyai hubungan dekat dengan bisnis (manajamen dan ekonomi)
Mempunyai hubungan dekat dengan algoritma (matematika & fisika)
Memiliki jurusan perkukiahan yang sama dengan namanya
Memiliki jurusan perkuliahan yang sedikit berbeda dengan namanya


Sejaran Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Perkembangan Sistem Informasi

Periode pertama: Pra Mekanik

Pada periode ini, komunikasi menggunakan simbol untuk menyampaikan informasi. Pada tahun 3000-2000 sebelum masehi, manusia menggunakan gambar juga untuk menyampaikan pesan. Contohnya adalah bangsa Fenisia yang mendiami Timur Tengah (saat ini Lebanon) menciptakan model yang sama. Bangsa Yunani Kuno mengadaptasi simbol milik bangsa Fenisia dengan menambahkan huruf vokal yang membuatnya mudah digunakan. Bangsa Romawi Kuno kemudian memakainya juga, yang mana saat ini menjadi alfabet yang kita kenal dan gunakan saat ini. Pembuatan buku dari papirus yang dilekatkan dimulai pada tahun 600 sebelum masehi. Pada awalnya hanya pemuka agama dan pemimpin yang memiliki koleksi buku. Setelah itu ada bangsa Mesir Kuno yang menciptakan sistem angka, sehingga juga mengarahkan pada penemuan alat bantu hitung yang disebut abakus.

Periode kedua: Mekanik

Masa ini termasuk dalam masa abad pertengahan. Dimana orang sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengolah dan merekam informasi. Salah satu penemuan terpenting dalam masa ini adalah mesin cetak Gutenburg dari Jerman. Penyampaian informasi menjadi lebih mudah dikarenakan mesin cetak dapat memproduksi tulisan yang sama dalam jumlah besar. Pada tahun 1600, komputer atau mesin hitung pertama kali diciptakan oleh Blaise Pascal. Komputer ini disebut sebagai Pascaline dan dianggap sebagai titik awal mesin menggantikan otak manusia dalam menghitung data.

Periode ketiga: Elektromekanik

Pada masa ini, penggunaan listrik untuk memberikan energi untuk menjalankan penemuan mesin sesudah Pascaline terus ditemukan. Pada periode ini pula diciptakan telepon dan kode Morse untuk digunakan dalam komunikasi jarak jauh secara langsung. Kemudian diperkenalkan komputer pertama yang digunakan untuk menyimpan program dan data pada awal 1948. Komputer tersebut adalah Dubbed Manchester Mark 1. Komputer ini adalah awal penemuan teknologi selanjutnya yang sekarang menjadi komputer, laptop, tablet dan smartphone.

Periode keempat: Elektronik

Jean Hoerni mengembangkan transistor planar pada tahun 1957. Alat ini dapat mengintegrasikan semua sirkuit yang diciptakan tahun-tahun selanjutnya. Pada tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) yang mana ini adalah cikal bakal dari Internet yang anda gunakan sekarang ini. Pada saat itu ARPANET hanya digunakan untuk pemerintah, penelitian dan universitas. Peneliti dari MIT yang bernama Licklider memperluas ARPANET ke jaringan komputer di seluruh dunia untuk interaksi sosial. Ini terjadi pada tahun 1962. Pada tahun 1968, Andrew Grove, Gordon Moore dan Robert Noyce telah menciptakan mikrochip pertama kalinya. Mereka lalu menjual rancangan tersebut kepada intel untuk diproduksi secara massal.
Setelah keempat era ini, perkembangan teknologi berlangsung secara cepat. Ditemukannya sistem operasiUNIX, komputer dari Apple, sistem operasi Windows, Linux, era dot com dan masih penemuan terbaru lainnya yang belum bisa kita sebutkan satu persatu. Semoga artikel penjelasan sejarah perkembangan sistem informasi di atas bisa menambah pengetahuan kamu di dunia komputer. (iwan)

Perkembangan Teknologi Informasi


Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas.
Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.
Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.
Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.

Contoh Sistem Informasi
  • Sistem Reservasi Pesawat (website reservasi pesawat, traveloka.com)
  • Sistem untuk menangani penjualan kredit kendaraan (penagihan kartu kredit)
  • Sistem biomertik (pembaca sidik jari)
  • Sistem pertukaran data elektronik (email)
  •  ''Cloud Computing'',


Contoh Teknologi Informasi
  • Minikomputer
  • Makrokomputer
  • Mainframe
  • Smartphone
  • Jaringan dalam perusahan (LAN dalam organisasi)
  •  bioinformatika,


Sumber :
Ebook Pengenalan Sistem Informasi (pengarang abdul kadir, penerbit andi yogyakarta)
http://www.duniailkom.com/apa-saja-yang-dipelajari-di-jurusan-sistem-informasi/
http://www.bocahsoenyi.com/2015/07/pengertian-teknik-informatika-adalah.html

{ 19 comments... read them below or Comment }

  1. Trims,infonya. Smoga bisa menambah wawasan buat kita mahasiswa Sistem Informasi

    ReplyDelete
  2. artikel yg sangat bermanfaat, keep writing!

    ReplyDelete
  3. Nice article dan sangat bermanfaat👍🏻

    ReplyDelete
  4. Wihhhhh thanks infonya, sangat bermanfaat :)

    Btw jangan lupa mampir ke http://deaclaodya.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. thanks banget artikelnya kerennnnnn

    ReplyDelete
  6. makasih infonya yaa

    ReplyDelete
  7. Artikelnya sangat bagus dan mudah dipahami, terima kasih infonya (y)

    ReplyDelete
  8. Terimakasih untuk artikelnya. Sangat membantu dan bermanfaat dalam menambah pengetahuan, sehingga yang ingin melanjutkan kuliah, tidak bingung lagi menentukan jurusan pilihan :)

    ReplyDelete
  9. Thanks infonya ya gan,bermanfaat sekali.. heheh

    ReplyDelete
  10. good article :) kalo bisa dikasih gambar yang berhubungan sama artikelnya biar gak ngantuk bacanya :)

    ReplyDelete
  11. panjang ya artikelnya ky novel:(

    ReplyDelete
  12. syukron untuk blognya gan manfaat bgt nih moga2 barokah aamiin.

    ReplyDelete