- Home »
- TUGAS GUNDAR »
- TULISAN 1
// Posted by :aria s
// On :Sunday, October 11, 2015
Ada
dua masalah yang dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan
ruang lingkup pembahasan mata kuliah ilmu sosial dasar, yaitu :
a. Ada berbagai aspek pada
kenyataan yang merupakan suatu masalah sosial. Biasanya, masalah sosial dapat
ditangggapi dengan pendekataan yang berbeda-beda oleh bidang- bidang
pengetahuan keahlian yang berbeda-beda pula, baik sebagai pendekatan
tersendiri, mapupun gabungan (antar bidang).
b.
Adanya berbagai golongan dan kesatuan sosial dalam masyarakat yang masing-masing
mempunyai kepentingan kebutuhan serta pola-pola pemikiran dan pola-pola tingkah
laku sendiri, tetapi memilki banyak persamaan kepentingan kebutuhan serta
persamaaan dalam pola-pola pemikran dan tingkah laku yang menyebabkanadanya
pertentangan maupun hubungan-hubungan setia kawan dan kerja sama dalam
masyarakat itu.
ISD meliputi dua kelompok utama; studi
manusia dan masyarakat dan studi lembaga-lembaga sosial. Kelompok
yang pertama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang
kelompok yang kedua terdiri atas ekonomi dan politik.
Sasaran
studi ISD adalah aspek-aspek yang paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia
sebagai makhluk sosial dan masalah-masalah yang terwujud dari padanya.
Materi
pembahasan dalam ISD terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah
masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi
kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu.
Sehingga dengan demikian bahan pelajaran ISD dapat dibedakan ke dalam tiga
pembahasan yaitu,
- Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu. Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangannya. Dalam ISD kita menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
- Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial yang dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan sosial. Sebagai contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya konsep “keanekaragaman” dan kosep “Kesatuan sosial”. Bertolak dari kedua konsep tersebut di atas, maka dapat kita pahami dan sadari bahwa di dalam masyarakat selalu terdapat :
a. Persamaan dan perbedaan pola
pemikiran dan pola tingkah laku, baik secara individual maupun
kelompok/golongan
b. Persamaan dan perbedaan kepentingan. Persamaan dan perbedaan itulah yang
menyebabkan sering timbulnya pertentangan/konflik, kerjasama, dan
kesetiakawanan antar individu/golongan
- Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
Konsorsium
Antar Bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan ISD terdiri dari 8 (delapan)
pokok bahasan. Dari kedelapan Pokok Bahasan tersebut maka ruang lingkup
perkuliahan ISD diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
1.
Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat
dan kebudayaan.
2.
Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3.
Masalah pemuda dan sosialisasi.
4.
Masalah hubungan antara warga negara dan negara.
5.
Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6.
Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7.
Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan ilmu
pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
Contoh kasus ruang
lingkup ilmu sosial dasar
Contoh
kasus yang baru baru ini saja terjadi, bisa dicontohkan dengan kasus dollar
yang melambung tinggi hingga 15.000 rupiah/$. Dikarenakan dollar yang melambung
tinggu hubungan warga negara dengan kepala negara menyebabkan terjadi hilangnya
kepercayaan warga negara, dan juga hal ini berimbas pada perusahaan yang
melakukan phk besar besaran dan menyebabkan pula demo buruh yang di phk.